Apple Tidak Lagi Menggunakan TLC NAND Flash Memory Untuk iPhone 6?

iphone6-plus

Apple dikabarkan telah memutuskan untuk berhenti menggunakan TLC NAND flash memory di iPhone 6 64GB dan iPhone 6 Plus 128GB menyusul laporan pengguna yang crash tak terduga serta perangkat yang terjebak dalam boot loop, menurut laporan BusinessKorea.

Menurut sumber industri pada 6 November, Apple telah memutuskan untuk menghentikan penggunaan triple-level cell (TLC) NAND, karena perusahaan menganggap bahwa cacat fungsional yang mengganggu iPhone 6 64GB dan iPhone 6 Plus 128GB dari masalah tersebut adalah controller IC pada TLC NAND flash. Controller IC tersebut dilaporkan dibuat oleh pembuat SSD Anobit, yang dijual ke Apple pada tahun 2011.

TLC NAND flash memory dapat menyimpan 3 bit data per sel, 1,5 kali lebih banyak daripada multi-level cell (MLC) Data flash. TLC flash juga lebih terjangkau harganya tetapi lebih lambat saat membaca atau menulis data. Ini mungkin bagian dari alasan bahwa iPhone 6 Plus 128GB memakan waktu hampir 10 detik lebih lama saat boot dibanding model 16GB.

Menurut laporan tersebut, Apple berencana menggunakan MLC NAND flash pada iPhone 6 64GB dan iPhone 6 Plus 128GB kedepannya. Apple juga berencana untuk memperbarui produk yang menggunakan TLC NAND dengan perbaruan firmware iOS 8.1.1.




There are no comments

Add yours