TLC NAND Flash Memory pada iPhone 6 Plus 128GB Kemungkinan Menimbulkan Masalah

iphone6-plus-teardown

Apple iPhone 6 Plus 128GB mungkin mengalami masalah yang dapat menyebabkan crash tak terduga dan bahkan mengakibatkan smartphone terjebak dalam boot loop, menurut BusinessKorea.

Pengguna yang mengalami masalah tersebut sering kali harus mendapatkan perangkat pengganti dan orang pabrikan percaya mereka tahu apa masalahnya.

Beberapa orang dari pabrikan menunjukkan bahwa kerusakan teknis utama yang terjadi pada iPhone 6 Plus versi 128GB, mungkin karena ada masalah di controller IC triple-level cell (TLC) NAND flash. TLC flash merupakan jenis solid-state memori flash NAND yang menyimpan tiga bit data per sel media flash. Dimana dapat menyimpan dua sampai tiga kali lebih banyak data dibanding single-level cell (SLC) yang menyimpan satu bit data serta multi-level cell (MLC) solid-state memori flash yang menyimpan dua bit data. Selain itu, TLC flash harganya lebih terjangkau. Namun, TLC lebih lambat dibanding SLC atau MLC dalam membaca dan menulis data. Untuk mengurangi biaya, Apple dilaporkan menggunakan TLC flash NAND pada iPhone 6 Plus versi 128GB dan beberapa model lainnya.

Dengan asumsi masalah crash dan boot looping ini disebabkan oleh TLC NAND Flash, mungkin saja Apple akan mengeluarkan penarikan kembali produknya. Terlebih, iOS 8.1 belum dapat memecahkan masalah tersebut.

Samsung tampaknya mengalami masalah dengan SSD 840 dan 840 EVO yang merupakan solid state drive juga. Drive tersebut mengalami kinerja baca yang rendah dan ternyata menggunakan TLC NAND flash juga. Samsung dikabarkan sedang mengerjakan pembaruan firmware.




There are no comments

Add yours