Merasakan Sensasi iPhone 5C

iPhone 5C on Macbook Pro
8
Recommended

Sampai saat review ini ditulis, iPhone 5C masih belum dirilis secara resmi di Indonesia. Penulis mendapatkan iPhone 5C dari Singapore yang dijual oleh pedagang partikelir di Indonesia. Pada saat membeli iPhone 5C tersebut penulis mendapatkan harga yang cukup murah saat itu (di bawah harga pasar). Penulis memilih warna pink karena terlihat lebih menawan dan menarik.

Penulis tidak membahas mengenai spesifikasi iPhone 5C karena sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama dengan iPhone 5, dengan material body yang berbeda (cek disini detilnya). Terlebih sudah banyak sekali website dari luar negeri yang membahas mengenai spesifikasi hardware iPhone 5C.

Desain

Banyak suara miring yang mengatakan desain iPhone 5C yang terbuat dari bahan plastik merupakan penurunan kualitas dari iPhone. Penulis pun sempat berpikir demikian. Akan tetapi setelah mendapatkan iPhone 5C atas bantuan salah satu kawan mailing list id-iPhone, pandangan tersebut langsung berubah. Paket pembungkus iPhone 5C masih tetap rapi dan terbungkus rapat (khas produk Apple). Dus juga transparan sehingga iPhone 5C terlihat dari luar. Apalagi dengan warna pink yang penulis pilih, sungguh menawan sekali terlihat dari dus yang belum terbuka.

Setelah dus dibuka dan menggenggam iPhone 5C, pikiran bahwa iPhone 5C yang merupakan produk murah ternyata bukan murahan. Material yang digunakan juga menurut penulis cukup nyaman di genggaman. Sudut-sudutnya juga tumpul sehingga sangat nyaman digenggam telapak tangan. Logo di bagian belakang hanya satu warna dan tidak mudah pudar. Menurut penulis, iPhone 5C lebih nyaman digenggam daripada iPhone 5 maupun iPhone 5S. Material plastik yang digunakan sangat baik kualitasnya.

User Interface

Out of the box, iPhone 5C sudah terinstall iOS 7. Tentu dengan user interface yang menawan khas iOS dengan fitur parallax view. Yang menarik, wallpaper yang sudah di set oleh pabrik sesuai dengan warna iPhone 5C. Jadi warna iPhone 5C pink penulis dengan wallpaper warna pink juga.

User Experience

Penulis adalah pengguna iPhone 5, sehingga experience yang dirasakan menggunakan iPhone 5C tidak banyak perubahan sehingga tidak sulit dalam beradaptasi. Hanya sedikit perubahan saja pada beberapa fitur iOS 7 yang salah satunya adalah iCloud yang lebih integrasi ke dalam iOS terutama hal security.

Yang dirasakan penulis menggunakan iPhone 5C lebih nyaman digenggam karena tidak ada sudut tajam. Yang penulis rasakan juga iPhone 5C lebih berat dibanding iPhone 5 maupun iPhone 5S. Apabila berpikir iPhone 5C lebih licin, tidak terlalu benar. Menurut penulis, antara iPhone 5, iPhone 5C, maupun iPhone 5S sama licin. Akan tetapi bila digenggam, justru iPhone 5C terasa lebih nyaman.

Hal berikut yang dilakukan adalah seting akun iCloud, akun Email, dan akun App Store (penulis mempunyai Apple ID yang berbeda antara iCloud dengan iTunes). Setelah itu melakukan download aplikasi dari App Store. Dalam hal ini tidak banyak perbedaan yang dirasakan penulis. Menggeser halaman pada springboard terasa cepat dan tidak lag. Berpindah antar aplikasi menggunakan task switcher pun terasa gegas.

Penerimaan sinyal juga baik sama seperti iPhone generasi sebelumnya. Penerimaan sinyal WiFi juga cukup baik. Pairing dengan bluetooth headset mudah dan berjalan dengan lancar, walaupun saat sedang digunakan.
Suara speaker eksternal tidak banyak perubahan dengan iPhone generasi sebelumnya, yang penulis boleh katakan kurang keras dan kurang baik untuk mendengar musik, tapi cukup baik untuk suara notifikasi serta dering telpon.

Kualitas panggilan telpon sangat baik dan amat jarang terjadi drop call, kecuali memang sinyal operator (yang dipakai penulis) sedang kurang bagus.
Daya tahan baterai tidak dirasakan berbeda dengan iPhone 5 yang sebelumnya dimiliki oleh penulis. Secara umum penulis merasa daya tahan baterai tidak cukup untuk menemani selama sehari penuh. Pada sore atau malam pasti sudah butuh charging kembali. Apalagi kalau bepergian ke daerah dengan jangkauan sinyal operator yang lemah. Ini lah satu hal yang selalu dikeluhkan oleh penulis selama menggunakan iPhone dalam beberapa tahun ini. Semoga pada iPhone generasi berikutnya, kapasitas baterai ditingkatkan untuk mengakomodir daerah seperti negara kita yang jangkauan maupun sinyal operator yang tidak merata dan tidak stabil.

Mungkin masih ada yang belum disampaikan dalam review ini, semoga ada rekan-rekan lain yang akan menambahkan dalam komentar.

The Breakdown


Desain
8
Fungsi
8
Harga
8




There are no comments

Add yours