Jailbreak Bukan Berarti Membajak

Apple iDevice

Komunitas id-iPhone dibangun untuk sarana bertukar informasi dan sharing mengenai cara memaksimalkan perangkat iPhone kita.

Namun seringkali dalam memaksimalkan perangkat tersebut kita ‘melanggar’ aturan yang dibuat oleh Apple. Karena Apple memang memberi batasan / limitasi kepada pengguna nya. Limitasi tersebut bukan tanpa alasan, melainkan demi menjaga sistem operasi iOS dari masalah umum seperti aplikasi menutup sendiri (force close) ataupun hal lain yang membuat iPhone harus restore via iTunes.

Pelanggaran aturan inilah yang sering kita sebut Jailbreaking atau jika diterjemahkan secara langsung artinya keluar dari penjara atau bebas.

Bebas untuk apa? Kita bebas untuk menginstall aplikasi apapun diluar AppStore.

Dengan Jailbreak, kita bisa install bajakan. Di sisi inilah memang membuat jailbreaking dalam ranah “abu-abu”. Maksudnya, tidak hitam dan tidak putih.

Jailbreak membuat kita bisa melakukan apapun (oprek), termasuk yang umum dilakukan oleh mayoritas para jailbreaker, yaitu menginstall aplikasi tanpa melalui AppStore alias aplikasi `hitam` atau bajakan. Ini memang sudah menjadi mindset mayoritas orang Indonesia yang kesadaran akan hak cipta dan kekayaan intelektual nya masih rendah. Ataupun sebenarnya sadar tapi karena harus memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting daripada belanja aplikasi (menurut asas manfaat, based on kondisi keuangan negara kita yang mayoritas dibawah negara maju) membuat orang tertarik menggunakan aplikasi bajakan.

Penulis sendiri menyadari bahwa sebagaimana kebanyakan pengguna komputer dari era tahun 1980an yang berbasis windows sudah terbiasa menggunakan bajakan. Penulis sendiri juga pernah menggunakan OS bajakan. Namun setelah menyadari, jika aplikasi tersebut bermanfaat dan dapat menghasilkan keuntungan, apa salahnya beli aplikasi aslinya? Toh para cracker game-game terkenal pun selalu menyelipkan promosi untuk membeli game aslinya.. “Support the developer. If you like this game, then buy the original”.

So, it’s true then.. Dengan jailbreak, kita bisa install aplikasi tanpa harus bayar.. Apalagi jika kita tidak punya kartu kredit.

Dahulu kala, iPhone yang dijailbreak identik dengan aplikasi bajakan. Karena dari tutorialnya sendiri kita dibiasakan untuk memasukkan repository tertentu yang berisi AppStore bajakan terkenal bernama Installous. Saat ini, Installous tidak lagi ada. Sebagai gantinya ada beberapa repo lain yang menyediakan layanan serupa. Namun penulis tidak akan membahasnya karena bagi penulis, Jailbreak bukan berarti melakukan pembajakan.

Dengan jailbreak, penulis bisa membuat iPhone sesuai dengan yang inginkan. Hal yang bahkan tidak bisa dilakukan pengguna iPhone biasa yang punya duit banyak tapi tidak mau jailbreak.

Apa saja kelebihan iPhone jailbroken dibanding iPhone biasa selain bajakan? Banyak banget! Pernah ada tulisan mengenai jailbreak di sini. Namun postingan yang terakhir diupdate 1 Maret 2013 itu mungkin kurang relevan dengan kondisi iOS saat ini yang sudah 7.0.5.

Ciri khas dari iPhone yang sudah dijailbreak pada umumnya adalah memiliki Cydia.

cydia

Cydia hanya ada bagi pengguna iOS yang sudah di jailbreak. Cydia ini ibaratnya sebuah Appstore tidak resmi. Bedanya, di dalam Cydia tidak hanya aplikasi yang tidak ada di Appstore, tapi juga tweak, termasuk di dalamnya ringtones, wallpaper, themes dan sebagainya. Perlu diingat bahwa sama seperti AppStore. Di Cydia juga ada yang berbayar (biru) selain versi bajakan (hitam). Cydia merupakan sumber dari apapun yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi bagi iOS.

Berikut ini adalah 5 tweak ataupun aplikasi khusus iPhone jailbroken yang paling bermanfaat bagi penulis (telah di tes di device iPhone5S iOS 7.0.5):

iFile

iFile

iFile merupakan File Browser paling canggih di iOS. Kita bisa membuka seluruh folder dan file yang ada di iOS. Bahkan kemampuannya juga bisa melakukan modifikasi file2 yang kita inginkan. Menginstall aplikasi lewat iPhone juga dilakukan lewat iFile. Free Trial, namun untuk license nya perlu membayar $0.99

iBlackList

iBlacklist
iBlacklist merupakan tools wajib untuk penulis. Bahkan ini yang menjadi alasan Penulis menunggu tools jailbreak keluar sebelum memutuskan untuk membeli sebuah iPhone. Alasannya? Karena penulis merupakan pengguna Single Device dengan satu nomor pascabayar dari operator merah 9 digit yang seringkali menerima SMS promosi dari nomor yang tidak dikenal ataupun gangguan dari para penelepon yang suka menyembunyikan identitasnya (private number; di iPhone muncul tulisan Blocked). Aplikasi ini mampu memblokir nomor2 private. Dan bisa juga menyediakan whitelist. Jadi hanya nomor tertentu yang bisa menghubungi kita. Cocok digunakan saat berakhir pekan dan tidak ingin diganggu oleh nomor2 lain selain yang kita inginkan.
Aplikasi ini juga bisa memblokir SMS yang pengirimnya bukan nomor seperti OPERATORDUDUL, PROMOGYM, INFOKEMENTERIAN dsb. Bisa langsung dihapus ataupun disimpan di dalam database iBlacklist untuk dibaca dan dihapus tanpa masuk ke dalam inbox messages kita.
Aplikasi ini tidak akan ditemui di Appstore. Versi gratisannya hanya bisa memblokir 2 kontak. Full version, silahkan mengeluarkan $12.

iCaughtU Pro

iCaughtU Pro

Jauh sebelum Apple mengeluarkan iCloud Lock di iOS7, para pengguna iOS jailbroken sudah kenal dengan tweak yang satu ini. iCaughtU Pro ini merupakan salah satu tweak yang ampuh untuk mengamankan iPhone kita. Jika ada yang mencoba untuk memasukkan passcode, TouchID (di iPhone5S), atau bahkan mematikan iPhone dalam keadaan lockscreen.. Jangan coba-coba. Aplikasi ini akan secara diam-diam mengambil foto dari kamera depan, mengirimkan sms dan email yang berisi lokasi dan foto pelaku ke nomor kedua yang kita pasang. Dengan nomor kedua tersebut kita bisa melakukan remote command yang akan membuat kapok malingnya, misalnya menyalakan alarm yang akan aktif dengan suara maksimal walau iPhone dalam keadaan silent, hingga fitur lain yang juga dimiliki FindMyiPhone seperti Remote Wipe. Jika membutuhkan, cukup dengan harga $2.5, lebih murah dari Cerberus di Android yang harganya $4.

Super Recorder

super recorder

Tweak ini bermanfaat untuk merekam pembicaraan telepon ataupun voice memo recording. Kebetulan penulis memang memiliki keterbatasan dalam mengingat. Sehingga jika ada pembicaraan mengenai hal-hal yang perlu diingat, seringkali penulis merekam pembicaraan tersebut untuk diputar ulang. Lebih hebatnya, App ini punya plugin untuk memperbesar volume / boost volume dan mampu mengubah suara kita dengan hanya mengaktifkan Dalek Voice. Cukup ampuh jika ingin mengangkat telepon dari nomor yang tidak kita kenal dengan suara yang mirip dengan Darth Vader. Aplikasi ini memiliki harga $2.99

FullForce for iPhone

fullforce

Pengguna iPhone5/C/S pasti seringkali menemukan beberapa aplikasi yang dibuat untuk iPhone seri sebelumnya yang secara panjang layarnya berbeda dengan iPhone5/C/S. Aplikasi lama ini umumnya akan menyisakan space kotak hitam di atas dan bawah. Tweak FullForce ini mampu menampilkan aplikasi dalam format yang seharusnya dipakai oleh iPhone5/C/S. Tweak buatan Ryan Petrich ini dihargai $1.99

Selain itu, masih banyak sekali Tweak bermanfaat yang penulis tidak bisa review satu per satu. Diantara tweak yang penulis pakai adalah:

  1. BytaFont 2. Untuk mengganti jenis huruf/fonts standar (Free)
  2. Virtual HomeDengan memanfaatkan fitur TouchID di iPhone5S, kita tidak perlu khawatir membuat home button cepat rusak karena sering ditekan. Cukup dengan menyentuh jari di home button, maka kita bisa keluar tanpa perlu Assistive Touch. (Free)
  3. BioProtect. Tweak ini mampu mengunci aplikasi/tweak lain dengan menggunakan TouchID pada iPhone5S ($2.99)
  4. AirBlueSharing. Untuk berbagi file dengan memanfaatkan bluetooth. ($4.99)
  5. Flex2. Penting untuk yang senang mengoprek sebuah aplikasi. Banyak konfigurasi dari sebuah aplikasi yang bisa diubah lewat app ini ($3.99)
  6. BiteSMS. Memberi fitur tambahan dalam menu messages (SMS/iMessage) seperti contact picture, quick compose/reply termasuk fitur menambahkan contacts ke dalam message ($7.99)
  7. CCQuickPro. Dengan tweak ini kita bisa mengubah Control Center ($2.99)
  8. DisplayRecorder. Ingin membuat video tutorial dari apa yang tampil di layar? Tweak ini pas untuk itu. ($4.99)
  9. F.lux. Tweak ini memberi kenyamanan di mata secara otomatis saat malam tiba (Free)
  10. LocationHolic. Cocok untuk yang ingin menyamarkan lokasi asli device ($9.99)

Masih banyak lagi tweak lain yang bermanfaat, tidak sebatas fungsional tapi juga mempercantik tampilan. Seperti Barrel, Springtomize, Infinidock, Status Modifier, Zeppelin, sampai Winterboard. Bisa disearch di Youtube dengan keyword : Top tweak Cydia iOS7. Dijamin bikin tambah ingin Jailbreak :-)

Namun, seringkali penulis mendapat kekhawatiran dari para pengguna iPhone yang ingin memaksimalkan device nya terhadap jailbreak. Mereka khawatir bahwa iPhone mereka akan kehilangan garansinya apabila dilakukan jailbreak. Sebenarnya tidak perlu khawatir. Selama masalah yang dihadapi masih level sistem operasi dan belum ada kerusakan secara fisik, kita tinggal dengan mudah menghubungkannya ke iTunes untuk melakukan restore. Semuanya akan balik kembali ke normal. Oleh karena itu sebelum jailbreak, ada beberapa hal yang perlu diketahui :

  1. Jailbreak itu berdasarkan waktu, karena para jailbreaker kejar-kejaran dengan developer sistem operasi iOS. Yang dimungkinkan saat ini untuk jailbreak dengan evasi0n adalah device dengan sistem operasi maksimal 7.0.5. Jika nanti Apple mengeluarkan iOS 7.1 misalnya, belum tentu para jailbreaker akan mengeluarkan tool jailbreaknya. Jadi jika terlanjur update ke OS terbaru, atau membeli gadget dengan OS bundling terbaru, otomatis harus menunggu rilis tool jailbreaknya keluar di OS berikutnya. Itupun kalau misalnya mereka merilisnya. Seringkali kita harus sabar menunggu sekitar 6 bulan lebih sampai toolsnya keluar
  2. Pantangan untuk melakukan update sistem operasi jailbroken. Karena dengan update, otomatis jailbreaknya hilang. Jangankan update sistem, melakukan Reset All Settings saja merupakan pantangan. Karena akan membuat iPhone jadi bricked dan perlu direstore ke iTunes
  3. Kehilangan kestabilan sistem operasi. Itu sudah menjadi harga mati bahwa dengan semakin banyak tweak yang kita pasang, maka iPhone kita akan makin rawan terhadap masalah seperti tidak berjalannya fitur yang ada, app menutup sendiri, restart otomatis, masuk safe mode hingga paling parah harus restore. Untuk menghindari kejadian seperti itu maka sangat disarankan untuk melihat review terhadap tweak dan kemungkinan konflik dengan tweak lainnya. Bisa ditanyakan kepada teman-teman di id-iPhone jika ada pertanyaan seputar jailbreak ini.

Penulis berharap dapat memberi tambahan informasi bahwa Jailbreak tidak berarti membajak. Justru penulis kebobolan pengeluaran kartu kredit karena membeli tweak-tweak di Cydia melebihi pengeluaran AppStore. Kesimpulan kami, Jailbreak itu supaya kece, bukan karena kere 😀




There are no comments

Add yours