Apple Tingkatkan Keamanan dan Perlindungan Data Pengguna Pada Akhir Tahun Ini

Apple memperkenalkan tiga fitur keamanan tingkat lanjut yang berfokus pada perlindungan dari ancaman terhadap data pengguna di iCloud. Hal ini merupakan langkah upaya berkelanjutan dari perusahaan tersebut untuk menyediakan solusi yang lebih mutakhir bagi pengguna untuk melindungi data mereka.

Ketiga fitur yang dimaksud adalah iMessage Contact Key Verification, Kunci Keamanan tingkat lanjut untuk Apple ID, dan Perlindungan Data Lanjutan untuk iCloud. Apple berharap pengguna dapat melindungi data dan informasi lebih baik lagi.

Satu persatu, dari fitur iMessage Contact Key Verification, pengguna dapat memverifikasi bahwa mereka dapat membatasi akses komunikasi dengan orang yang mereka tujukan. Selain itu, Kunci Keamanan tingkat lanjut memberikan pilihan bagi pengguna untuk membuat kata sandi berlapis untuk bisa mengakses Apple ID mereka. Dan terakhir dengan Perlindungan Data Lanjutan untuk iCloud, pengguna memiliki pilihan untuk lebih melindungi data penting iCloud, termasuk Pencadangan iCloud, Foto, dokumen, dan lainnya.

Di masa dimana ancaman pencurian data, peretasan, menjadi semakin canggih dan kompleks. Dengan adanya ketiga fitur ini, Apple bertujuan menjadikan produk produknya menjadi salah satu yang paling aman saat ini. Raksasa teknologi ini juga berkomitmen untuk memperkuat keamanan perangkat dan cloud, serta menambahkan perlindungan baru dari waktu ke waktu.

Kami terus menerus mengidentifikasi dan memerangi setiap ancaman yang muncul terhadap data pribadi mereka baik pada perangkat dan cloud,” tutur Craig Federighi, wakil presiden senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple.

Berkat iMessage Contact Key Verification, Kunci Keamanan, dan Perlindungan Data Lanjutan untuk iCloud, pengguna akan memiliki tiga senjata baru untuk  melindungi dan memperkuat data dan komunikasi mereka yang paling sensitif,” tambahnya.

Melalui iMessage Contact Key Verification, pengguna dapat dengan aman mengirimkan pesan yang hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki pekerjaan dengan resiko kebocoran informasi tinggi. Misalnya seperti Jurnalis, Aktivis HAM, dan anggota pemerintahan. Mereka apat memilih untuk memverifikasi lebih lanjut bahwa mereka hanya berkirim pesan dengan orang yang mereka tuju.

Saat ini, dengan lebih dari 95 persen akun iCloud aktif di seluruh dunia, Kini dengan Kunci Keamanan tingkat lanjut yang diberikan Apple, pengguna akan semakin nyaman menyimpan data mereka di iCloud. Fitur ini memperkuat autentikasi dua faktor atau lebih untuk mencegah peretas untuk mendapatkan akses ke pusat data pengguna.

Menurut Ivan Krstić, kepala Keamanan Teknik dan Arsitektur Apple. Apple selalu membuat perangkat dengan fitur keamanan tertinggi. Dan mereka mengklaim akan melakukan yang lebih baik lagi.

Peningkatan keamanan untuk data pengguna semakin dibutuhkan pada masa kini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, saat ini jumlah total kasus pencurian data mencapai tiga kali lipat lebih tinggi apabila dibanding dengan periode tahun 2013 hingga 2021. Bahkan pada tahun 2021 saja, lebih dari 1,1 miliar data pribadi telah terekspos begitu saja di dunia maya.

Hal ini tentu saja mendorong banyak perusahaan di industri teknologi membuat solusi untuk mengatasi ancaman yang semakin ganas dari tahun ke tahun.

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply