iPadOS 16.2 Kini Tersedia Dengan Dukungan Layar Eksternal

Apple telah merilis iPadOS dengan sistem operasi terbaru iPadOS 16.2. Di versi ini, Apple juga menambahkan fitur layar eksternal.

Dukungan layar eksternal adalah fitur utama pada iPad generasi ini. Fitur tersebut sebenarnya telah diumumkan pada Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 6 Juni 2022 lalu. Namun mereka belum meluncurkannya saat itu.

Dengan dukungan layar eksternal, pengguna iPad sekarang bisa menyambungkan perangkatnya ke Televisi, desktop, laptop, dan proyektor untuk memproyeksikan apa yang ada dalam layar iPad.

Pada iPad versi ini, juga ada beberapa penyempurnaan lebih lanjut pada fitur Stage Manager. Meskipun dalam beberapa review, masih terdapat bug pada fitur ini.

Dukungan layar eksternal sebenarnya bukan fitur baru yang diberikan Apple. Pada iPadOS 16 versi beta, fitur ini sudah ada, tetapi Apple menghilangkan fitur ini dan kembali meluncurkannya pada iPadOS 16.2.

Menurut Apple, pengguna bisa menikmati fitur Stage Manager di iPad yang memiliki prosessor A12X, A12Z, M1, atau M2, sedangkan fitur layar eksternal hanya bisa dinikmati pada iPad dengan prosessor seri M.

Tidak sampai disitu saja, iPad versi 16.2 juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang tersedia di iOS 16.2 seperti backend Homekit yang diperbaiki dan diperbarui, aplikasi cuaca dengan pemberitaan secara realtime, dan akses pada Apple TV.

Tidak luput dari pandangan, Apple menyertakan dukungan untuk fitur baru yang berfokus pada keamanan. Seperti iMessage Contact Key Verification, Kunci Keamanan Terbaru untuk Apple ID, Perlindungan Data Lanjutan untuk iCloud.
Untuk mengaktifkan iPadOS 16.2 pengguna dapat mengikuti langkah langkah berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Pilih tab Umum.
  • Pilih Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Pilih “Perbarui ke iPadOS 16.2”.

Sama seperti pembaruan iOS versi 16.2, pada iPadOS 16.2 juga menambah jumlah kategori data iCloud menjadi 23 dan menambahkan dukungan SharePlay di Game Center. iPadOS 16.2 juga berisi beberapa perbaikan bug.
Serta beberapa perbaikan dan pembaruan sebagai berikut:

  • Sekarang AirDrop secara otomatis kembali ke menu Contact Only setelah 10 menit untuk mencegah permintaan yang tidak diinginkan saat menerima konten.
  • Perbaikan pada bug notes yang tidak dapat disinkronkan dengan iCloud setelah pembaruan sistem.
  • Memperbaiki masalah yang dapat menyebabkan gerakan Multi-Touch menjadi tidak responsif saat menggunakan fitur aksesibilitas Zoom
  • Artikel berita yang menampilkan informasi yang relevan dengan cuaca di lokasi.
  • Notifikasi Pelacakan memberi tahu Anda jika AirTag yang terpisah dari pemiliknya ada di dekat Anda serta membunyikan lonceng untuk menunjukkan bahwa itu sedang bergerak.
  • Private Relay untuk menonaktifkan sementara layanan untuk situs tertentu di Safari.

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply