Langkah Mengaktifkan VPN di iPhone

Sensor internet adalah kenyataan yang harus dihadapi kebanyakan orang, dengan akses terbatas atau tanpa akses ke banyak situs web dan aplikasi, tentu akan mengganggu setiap aktifitas Anda di dunia maya.

Dalam teknisnya, pemerintah menggunakan pemfilteran DNS untuk memblokir alamat situs yang dianggap membahayakan dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di bawah undang-undang, pemerintah memiliki hak yang luas dan tidak jelas untuk menyensor dan membatasi akses internet di negaranya.

Untungnya, pada saat ini, untuk membuat koneksi yang aman dan membuka situs yang diblokir Anda memerlukan VPN untuk melakukan semua hal itu di perangkat iPhone Anda.

Pengertian VPN

VPN, atau singkatan dari Virtual Private Network, adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir. Alat ini bekerja dengan membuat sebuah jalur yang terenkripsi secara aman dan mengaburkan informasi alamat IP Anda. Singkatnya, Anda akan masuk ke alamat IP baru yang tidak diblokir untuk mengakses situs yang diblokir.

Anda dapat menggunakan VPN untuk membuka blokir situs dan layanan streaming yang dibatasi oleh Pemerintah, atau untuk mengunggah atau mengunduh file dengan aman. VPN juga merupakan alat penting yang digunakan untuk mengenkripsi koneksi internet Anda dan menjaga privasi online Anda.

Cara mengatur dan menggunakan VPN di iPhone

Menyiapkan dan menggunakan VPN di iPhone atau perangkat iOS lainnya merupakan proses yang cepat dan mudah. Langkah-langkah berikut menunjukkan cara mengatur VPN di iPhone Anda.

  • Unduh aplikasi VPN terlebih dahulu di App Store
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, buka aplikasi App Store pada iPhone Anda. Pada kolom pencarian, ketik VPN dengan merek yang Anda mau. Setelah itu pilih instal VPN tersebut untuk memulai pengunduhan dan penginstalan di iPhone Anda.
  • Buka aplikasi VPN yang telah terinstal
    Buka aplikasi untuk memulai pengaktifan VPN pada perangkat iPhone Anda. Umumnya, VPN merupakan aplikasi yang gratis namun disertai iklan.
    Terkadang juga, beberapa aplikasi VPN memiliki opsi paket langganan dengan akses yang beragam dengan harga yang berbeda-beda, semakin mahal harganya umumnya mereka memberikan akses ke semua situs dengan koneksi yang lebih cepat dari biasanya.
  • Atur pemberian izin akses VPN ke aplikasi di perangkat iPhone Anda
    Atur sedemikian mungkin agar VPN boleh atau tidak boleh tersinkronisasi dengan aplikasi Anda yang terpasang pada iPhone. Biasanya, akan muncul beberapa pop-up yang memberitahukan apakah aplikasi ini boleh tersambung dengan VPN yang baru Anda install.
  • Tekan OK atau YES untuk mengaktifkan dan menjalankan VPN di perangkat iPhone Anda
    Untuk mengaktifkan VPN agar berjalan di iPhone Anda, tergantung pada merek VPN yang Anda install, tapi biasanya Anda cukup tekan YES atau OK untuk memulainya.
  • Pilih lokasi server yang ingin Anda pakai
    Sebelum VPN benar-benar berjalan, akan ada pilihan server dari berbagai negara yang bisa Anda pilih untuk mengaksesnya. Setelah Anda menemukan lokasi server yang ingin Anda sambungkan, cukup ketuk lokasi atau tekan tombol OK, YES atau ikon centang.

Kesimpulan akhir adalah, VPN merupakan aplikasi yang berguna untuk iPhone Anda. Untuk kenyamanan dan kelancaran berselancar di Internet, VPN merupakan satu-satunya cara agar Anda dapat berselancar ke semua jaringan dan server yang dibatasi atau diblokir oleh pemerntah lokal.

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply