Apple iPad 10th Gen

Review iPad 10, Spesifikasi dan Kelebihan

Pada penghujung tahun 2022 ini, Apple masih mengeluarkan produk terbarunya. Setelah meluncurkan iPhone 14, kali ini Apple mengeluarkan iPad seri terbaru, iPad Generasi 10.

iPad 10 merupakan seri terbaru serta penerus generasi sebelumnya dari iPad 9. Tablet ini memiliki layar yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat, dan desain yang lebih baik daripada model sebelumnya yang keluar pada tahun 2021.

Spesifikasi

Desain dan Bodi

iPad 10 sekarang lebih datar dari sebelumnya. Desain iPad ini mengikuti desain iPad Air (M1). Hal ini bisa kita cirikan di bingkai aluminium datar dengan sudut yang sedikit melengkung. Untuk warna, iPad 10 hadir dalam empat warna baru. Diantaranya Biru, Merah Muda (Pink), Perak (Silver) dan Kuning. Bagi Anda yang ingin warnanya terlihat premium dan modern pada saat yang sama, tetapi juga tidak terlalu mencolok, Anda bisa pilih warna Biru. Untuk kesan klasik dan mewah, warna Perak (Silver) juga bisa menjadi pilihan.

Bodi dari iPad 10 juga dilapisi semacam matte finishing. Sehingga jejak sidik jari dan noda akan cepat hilang. Untuk berat, mengingat desain rangkanya yang datar, iPad 10 memiliki bobot setidaknya 481 gram dengan ketebalan hanya 7mm saja.

Layar

iPad 10 sekarang menawarkan layar Liquid Retina 10,9 inci dengan resolusi 2360 x 1640 piksel, dengan IPS LCD yang memiliki kecerahan yang cukup untuk penggunaan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang rendah. Kekurangannya adalah iPad 10 tidak mendukung Apple’s ProMotion 120Hz refresh rate seperti yang ada di iPad Pro M2 seri 2021.

Aksesibilitas dan Konektivitas

iPad 10 tidak memiliki tombol Home. Namun sebagai gantinya, tablet ini dilengkapi dengan sensor autentikasi sidik jari Touch ID yang diletakkan pada tombol power di tepi atas. Selain itu, seperti pada umunya, tombol volume terletak di sisi kanan, di bawahnya terdapat tempat kartu SIM. Apple juga memindahkan posisi kamera depan dari bezel atas ke kanan pada tablet ini, sehingga sangat ideal digunakan untuk video chat saat digunakan secara horisontal.

Untuk urusan koneksi, iPad 10 dilengkapi dengan port USB Type-C. Meski kecepatan transfer datanya tidak secepat model iPad yang lebih premium seperti varian Pro. Untuk pengecasan, Apple melengkapi tablet ini dengan adaptor pengisi daya 20 Watt dan kabel USB Type-C.

Performa

Tidak mau kalah dari kompetitor lain, Apple melengkapi iPad 10 dengan prosesor Apple A14 Bionic, sama seperti yang ditemukan di seri iPhone 12. Meskipun berusia beberapa tahun, SoC A14 Bionic masih memiliki performa yang tidak bisa dianggap remeh. Karena A14 Bionic dari iPad 10 juga dilengkapi dengan 16-core Neural Engine. Selain itu, tablet ini juga memiliki CPU six-core dan GPU quad-core yang menjadikan performa tablet ini semakin gahar.

Apple mengklaim prosessor A14 menawarkan peningkatan CPU sebesar 20 persen dan peningkatan performa grafis sebesar 10 persen dibanding dengan A13 Bionic yang terdapat di iPad 2021.

Untuk urusan software, IPad 10 mendapatkan OS terbaru yakni iPadOS 16. Namun sayangnya, fitur Stage Manager yang terdapat pada iPadOS 16, tidak hadir pada tablet ini.

Baterai

iPad 10 ditopang baterai berkapasitas 28,6 Wh (watt-hour) yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam dalam penggunaan surfing internet menggunakan Wi-Fi maupun paket data, serta juga untuk menonton video.

Kamera

iPad 10 dilengkapi dengan dua kamera, satu kamera utama di belakang dan satu kamera “selfie” di depan. Untuk kamera belakang, memiliki resolusi 12 megapiksel. Meskipun terdengar kecil dibandingkan dengan resolusi kamera pada tablet maupun ponsel Android, tetapi detail dan warna yang dihasilkan pada kamera ini jauh lebih baik dibanding dengan kamera pada tablet Android. Kamera pada iPad 10 sangat mumpuni untuk memotret baik pada siang dan malam hari.

Harga

Per tanggal 25 Oktober 2022 lalu, Apple telah mengumumkan harga iPad 10 secara resmi. Untuk varian dengan memori 64GB, harganya berkisar mulai dari 7 hingga 9 juta rupiah. Sedangkan untuk varian 256GB, harganya berkisar mulai dari 9 hingga 11 juta rupiah.

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply